GAJI PERMANEN PERBULAN

GAJI PERMANEN PERBULAN
Hanya Dengan Mengisikan NAMA dan EMAIL ANDA

Tips Berlibur Bersama Bayi ( Bagus ! )

Pasti setuju yah kalo kita semua perlu sekali-sekali berlibur dan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga tercinta. Buat para orang tua yang baru saja dikarunia seorang bayi, hal ini tentu saja menimbulkan masalah yang berbeda. Tapi jangan sampai menghalangi niat dan kenikmatan liburan. Berlibur bersama bayi bukanlah suatu mimpi buruk seperti yang dibayangkan banyak orang, bahkan dengan perencanaan yang baik kita bisa mendapatkan pengalaman indah yang bisa dikenang seumur hidup.



Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda mempersiapkan liburan bersama buah hati tercinta :

PERSIAPAN PERJALANAN :

Ada beberapa perlengkapan mendasar yang perlu dipersiapkan jika berencana mengajak si bayi kecil berlibur :

Susu dan bahan makanan yang cukup selama perjalanan (lihat tips "Memberi Makanan" di bawah untuk keterangan lebih detail).


Peralatan pertolongan pertama, misalnya : termometer, obat-obatan, plester, krim ruam, krim matahari, krim pencegah nyamuk untuk bayi, gunting, kassa, sabun lembut, peniti, kapas beralkohol dll


Pempers and tissue basah (bawa lebih banyak dari perkiraan kebutuhan Anda)

Kantong plastik untuk kotoran atau sampah bayi

Selimut bayi

Keranjang / stroller bayi

Gendongan bayi

Pakaian dan perlengkapan ekstranya

Peralatan untuk menghangatkan makanan dan susu

Peralatan steril

Termos

Air minum / air putih / juice

Pompa ASI (jika diperlukan)


PERSIAPAN MAKANAN :

Saat bayi kita masih sangat kecil dan Anda selalu harus membawa-bawa tas besar penuh perlengkapannya (walaupun hanya untuk pergi ke supermarket), bayangkan jika harus membawanya berlibur beberapa hari ! Biasanya kekhawatiran utama adalah bagaimana memberikan makanannya secara normal dan teratur pada banyak situasi baru dan tidak familiar buat si kecil. Apalagi jika ia masih harus makan makanan bayi khusus buatan rumah.


ASI :

Menyusui sendiri (ASI) tentu saja merupakan pilihan terpraktis karena tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan hampir di mana saja ! Jika Anda merasa tidak nyaman menyusui di tempat-tempat umum, misalnya di dalam pesawat (dengan sedikit privasi disana), maka siapkan saja ASI yang telah dipompa dan disimpan sebelumnya. ASI dapat bertahan di dalam pendingin yang baik hampir selama 24 jam.


SUSU FORMULA :

Jika si kecil terbiasa dengan susu formula, ada beberapa alternatif cara yang bisa dipertimbangkan :

1. Siapkan susu formula jadi di dalam botol sebelum perjalanan dan jaga suhunya tetap dingin (suhu ruangan), sehingga bisa dihangatkan kapan saja.

2. Bawa susu formula yang sudah ditakar di wadah khusus untuk perjalanan. Bawa juga termos air panas untuk membuat susunya sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jika susu bayi butuh dihangatkan, Anda bisa menggunakan alat penghangat yang dibawa sendiri atau jika terdesak, meminta bantuan orang lain seperti pramugari pesawat untuk menghangatkannya. Tapi ingat selalu untuk memeriksa suhu susu dalam botol pada saat dikembalikan pada Anda. Kadang-kadang petugas perjalanan yang sibuk ataupun kurang terlatih bisa saja melakukan kelalaian dengan membuatnya terlalu panas untuk si kecil.


MAKANAN PADAT :

Sebelum memulai perjalanan dengan bayi, selalu persiapkan makanan yang cukup. Ingatlah untuk selalu membawa lebih banyak dari perkiraan kebutuhan Anda. Rutinitas dan kebiasaan bayi selama perjalanan bisa jadi akan berubah secara drastis dan Anda harus bersabar dan mengikuti arus untuk sementara waktu.

Untuk perjalanan jauh dan memakan waktu lama, mungkin Anda harus membawa makanan bayi yang mudah dipersiapkan. Atau alternatif lainnya adalah dengan membawa bahan makanan yang mudah dibuat di perjalanan, seperti pisang atau alpukat. Sekali lagi, jika Anda butuh untuk menghangatkan makanan tersebut, lebih baik jika membawa alat penghangat sendiri. Atau minta bantuan petugas perjalanan dan selalu cek suhu makanan sebelum diberikan kepada bayi.


CEMILAN / FINGER FOODS :

Kalau bayi Anda sudah bisa menikmati jenis makanan satu ini, maka membawa cemilan yang bergizi seperti biskuit bayi akan sangat membantu membuatnya tetap sibuk dan tidak rewel selama perjalanan !

Tips 1 : Jangan pernah memberikan makanan kecil / snack di dalam mobil selama perjalanan kecuali jika ada orang dewasa yang mengawasi di sampingnya. Hal ini untuk menghindari resiko tersedak.

Tips 2 : Sajikan cemilan yang tidak terlalu banyak remah-remah dan menimbulkan kotoran untuk kepraktisan Anda.


MENJAGA KESEHATAN :

Jangan lupa untuk kontrol dulu ke dokter anak untuk memastikan apakah bayi Anda memerlukan imunisasi sebelum pergi ke tempat yang dituju.

Kunci utamanya adalah bersenang-senang sehingga perasaan was-was akan hilang dan larut dalam kegembiraan bersama keluarga. Buatlah rencana perjalanan yang fleksibel, jangan kaku ! Jika ada salah satu rencana Anda yang gagal, maka jangan biarkan merusak seluruh kesenangan liburan apalagi mood Anda. Cobalah untuk menyesuaikan diri dengan keberadaan si kecil dan buatlah liburan jadi pengalaman berharga yang menyenangkan !